4 Cara Alami Menurunkan Panas, Bisa Sembuh Tanpa Minum Obat!

Cara-Alami-Menurunkan-Panas

Demam menyerang? Jangan buru-buru ke dokter! Coba lakukan sejumlah cara alami menurunkan panas terlebih dahulu secara mandiri.

Penyakit umum yang sering dialami semua orang adalah demam atau panas. Cara alami menurunkan panas ternyata cukup banyak serta bisa melalui langkah sederhana. Ini bisa diterapkan jika panas belum terlalu parah. Simak penjelasan lainnya pada artikel ini ya!

Penyebab Panas

Panas demam adalah respons alami tubuh terhadap infeksi penyakit tertentu. Penyebab paling umum panas demam adalah infeksi bakteri, virus, atau parasit pengganggu sistem kekebalan tubuh. Saat tubuh terinfeksi, sistem kekebalan akan merespons dengan meningkatkan suhu tubuh guna membantu melawan patogen penyebab infeksi. Selain infeksi, panas demam juga dapat disebabkan kondisi medis lainnya layaknya radang inflamasi, reaksi obat, hingga kondisi kronis seperti kanker.

Selain itu, faktor lain layaknya cuaca panas, paparan sinar matahari langsung, serta aktivitas fisik berlebihan juga dapat menyebabkan panas demam. Ketika tubuh terpapar suhu tinggi, terutama dalam waktu lama, sistem termoregulasi tubuh dapat terganggu, menyebabkan kenaikan suhu tubuh berlebihan. Ini dapat terjadi pada individu yang tidak memadai mengonsumsi cairan atau pada anak-anak yang lebih rentan terhadap efek suhu ekstrem. Oleh karena itu, penting menjaga tubuh tetap terhidrasi dan menghindari paparan berlebihan terhadap suhu tinggi guna mencegah terjadinya panas demam tidak diinginkan.

Cara Alami Menurunkan Panas

Bila sudah terlanjur demam, adakah cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan tingkat suhunya? Tentu saja ada, melalui cara alami sederhana. Apa saja?

  1. Banyak Minum Air

Mengonsumsi air putih bisa membantu meminimalisir demam. Air putih bantu jaga tubuh tetap terhidrasi, sangat penting ketika tubuh sedang melawan infeksi penyakit penyebab demam. Saat tubuh terhidrasi dengan baik, proses pengeluaran panas menjadi semakin efisien sehingga suhu tubuh bisa turun.

Lainnya lagi, konsumsi banyak air putih dapat membantu mengurangi gejala demam sakit kepala, nyeri otot, dan kelelahan. Air putih membantu mengencerkan lendir sehingga memudahkan pernapasan juga mengurangi ketidaknyamanan. Dengan menjaga kecukupan cairan tubuh, air putih membantu mempercepat pemulihan dari infeksi. Oleh karena itu, penting minum banyak air putih ketika alami demam guna bantu mengurangi gejala dan mempercepat proses pemulihan.

  1. Berdiam di Suhu Ruangan

Cara alami menurunkan panas lainnya adalah melalui pengaturan suhu ruangan. Pastikan berdiam diri di ruangan tidak terlalu dingin, tetapi tetap sejuk.  Meskipun suhu ruangan tidak terlalu rendah, udara sejuk tetap dapat membantu menyerap panas tubuh berlebihan. Dengan demikian, tubuh punya sedikit pekerjaan untuk menyeimbangkan suhu tubuh dan lingkungan, sehingga membantu menurunkan suhu tubuh secara bertahap.

Berdiam di suhu ruangan nyaman juga dapat memberikan rasa relaksasi kenyamanan, dapat membantu meredakan gejala demam. Ketika tubuh merasa nyaman, stres yang disebabkan demam juga dapat mengecil, sehingga memungkinkan tubuh fokus pada pemulihan serta perjuangan lawan infeksi penyakit. 

  1. Kompres Tubuh

Kompres tubuh pakai air dingin maupun hangat bisa jadi metode efektif melawan demam. Ketika kompres diterapkan pada tubuh, suhu kulit bisa turun secara langsung karena kontak air dingin. Sementara, kompres hangat bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga panas keluar semakin cepat.

  1. Gunakan Pakaian Tipis

Memakai pakaian tipis berbahan ringan bisa bantu turunkan suhu tubuh melalui peningkatan ventilasi tubuh. Ini membuat panas hilang secara efisien. Ketebalan pakaian bisa menyebabkan penahanan panas dalam tubuh, yang berakibat suhu meningkat lebih lanjut. Sebaliknya, pakaian tipis memungkinkan udara mengalir semakin bebas sekitar tubuh serta memberikan kenyamanan terbaik saat sedang sakit.

Kesimpulan

Cara alami menurunkan panas bisa berlaku kalau demam belum terlalu parah. Namun, jika panas sudah sangat tinggi, sebaiknya datang ke dokter untuk melakukan konsultasi. Kondisi demam parah membutuhkan antibiotik atau mungkin perawatan lebih intensif dari tim medis profesional.

Tentang andini 51 Articles
Halo, saya andini yang masih menjadi mahasiswa di salah satu universitas di jakarta. Dari blog ini, saya ingin membagikan macam-macam berita terbaru, bisnis, informasi kesehatan dan teknologi terkini. Jangan lewatkan untuk menambah pengetahuan kamu di blog terupdate ini. Terima kasih.