Site icon smpn10bpp.sch.id

Komponen Utama Mesin Kolam Renang dan Penjelasan Lainnya

mesin-kolam-renang

Kecanggihan mesin kolam renang merupakan salah satu komponen penting yang perlu pengguna ketahui. Mesin ini nantinya dapat menjaga kualitas kolam renang tetap nyaman.

Mesin Kolam Renang merupakan salah satu komponen penting yang perlu pengguna ketahui. Mesin ini nantinya dapat menjaga kualitas kolam renang tetap nyaman, bersih dan sehat.

Cakupan mesin ini nantinya akan menggunakan sistem teknologi canggih serta alat yang sekaligus bekerja sama. Terutama, untuk menjaga air kolam tetap dalam kondisi bersih, lalu menyaring serta mengalirkannya.

Komponen Utama Mesin Kolam Renang

Ada beberapa komponen utama yang bisa didapatkan oleh pengguna jika memanfaatkan mesin kolam renang ini. Berikut penjelasannya:

1. Pompa Kolam Renang

Perlu diketahui, jantung dari sirkulasi pada sistem kolam renang adalah pompa. Ini berfungsi untuk melakukan gerakan air hanya melalui sistem penyaringan yang akan kembali ke kolam.

Pompa sendiri nantinya akan bekerja secara halus karena hanya menggunakan saluran hisap. Sementara itu, air akan dipompa melalui sistem pemasangan dan filter. 

Hal ini dilakukan sebelum air tersebut dipanaskan atau disaring ke dalam kolam.

2. Filter Kolam Renang

Tugas filter ini sebenarnya untuk bisa melakukan penyaringan terhadap debu, kotoran maupun partikel lainnya yang berasal dari kolam. Saat ini, jenis filter terbagi atas tiga, antara lain:

3. Skimmer

Fungsi Skimmer ini untuk bisa mengumpulkan daun, serangga serta kotoran. Di mana sebelumnya sudah tenggelam ke dasar kolam yang letaknya di permukaan air.

Cara kerjanya, air akan disalurkan ke sistem saringan utama. Lalu bisa masuk ke skimmer hanya melalui permukaan kolam.

4. Penguras Dasar 

Dalam sirkulasi air, penguras nantinya akan membantu untuk menarik air yang berasal dari dasar kolam. Kemudian, air tersebut akan tersalurkan ke filter agar bisa tersaring dan melakukan pengurasan dasar dengan pompa.

5. Pemanas Kolam Renang

Pemanas ini cocok sekali digunakan saat suhu air kolam dingin, terutama malam hari. Saat ini sudah ada berbagai macam pemanas kolam yang bisa digunakan seperti pemanasan listrik gas dan tenaga surya.

6. Sistem Pengendalian Kimia

Dalam menjaga air kolam tetap seimbang, maka perlu sistem tersebut. Adapun yang akan dijaga dari sistem ini yaitu klorin, kadar pH serta alkalinitas. Hal ini tentu untuk bisa memastikan air lebih aman serta bersih.

Perawatan dan Pemeliharaan Mesin Kolam Renang

Ada beberapa tips yang perlu pengguna ketahui untuk melakukan perawatan kolam renang, antara lain:

1. Pembersihan Rutin

Skimmer secara rutin memang harus segera dilakukan pembersihan. Hal ini tentu untuk bisa memastikan bahwa tidak ada kotoran atau daun yang akan tersumbat.

Sementara itu, filter ini sebenarnya harus bisa diganti atau disesuaikan dulu dengan petunjuk atau jenis pekerjaannya.

2. Pemeriksaan Sistem

Secara berkala, pemanas maupun pompa nantinya juga harus diperiksa terlebih dahulu. Hal ini tentu agar bisa memastikan tidak terjadi kebocoran atau kerusakan. 

Sementara itu, secara rutin sistem kimia ini harus dikendalikan. Hal ini agar bisa membuat kadar minusnya tetap seimbang.

3. Musim Dingin

Sistem kolam renang ini ketika di daerah yang ekstrim juga harus diatur. Pengguna bisa melakukan penutup terlebih dahulu. Atau bisa juga memastikan sistem pemanasnya sudah nonaktif.

Kesimpulan

Jadi melalui mesin Kolam Renang ini, kolam akan lebih terjaga kebersihan dan keamanannya.

Exit mobile version